Halaman

Rabu, 09 Maret 2011

Imanku Compang-Camping

"Nasihati aku dikala kita hanya berdua, jangan meluruskanku di tengah ramai, sebab nasihat di depan banyak manusia terasa bagai hinaan yang membuat hatiku luka."
-Asy-Syafi'i, Diwan-

Menjalani sebuah ukhuwah ialah menjalankan dengan nasihat (ketulusan) dalam menyeru kepada yang ma'ruf, mencegah kepada yang mungkar. Saling mengingatkan kealpaan, memberi teladan. Memberi cahaya, bukan kegelapan. Memberi harum bunga, bukan busuknya bangkai. Menyajikan bunga, bukan durinya. Mempersembahkan kelinci, bukan landak. Begitulah ukhuwah kita, menuju keridhoan-Nya. Amin...

Kawan, saat kualpa, kauingatkan aku dengan lembut, menasihatiku dengan tulus, kauberikan nasihat di saat tak ada orang lain yang melihat, tak ada tujuan lain selain untuk menjaga hati kecilku tak terluka. Nasihatmu menyentak, tapi menyejukkan, bukan melukai. Rabbi, terima kasih kau telah datangkan kawan yang begitu tulus. Dan untukmu kawanku, terima kasih kau telah mengingatkanku dan tetap menjaga hatiku tak terluka. Walaupun sebenarnya kita tak saling kenal, tak bersama, tapi kumengenalmu dengan indah imanmu. Inilah indahnya ukhuwah.

Teladan, kau tak pernah paksakan itu. Memberi tanpa kaumerasa tinggi, memberi nasihat dengan ketawadu'an, itu yang kurasa. Dengan kerendahan hatimu, kaumengingatkan kealpaanku. Damai ketika kauucapkan kalimat toyyibah, kalimat-kalimat kebaikan yang menjadi pegangan selain Al Quran dan Al Hadist. Aku, kau, kalian, kita, bersama menuju Allah dalam dekapan ukhuwah.

Kawan, jika kamu tak nyaman di sampingku, sebenarnya ada yang salah di antara kita. Siapa yang salah? Bisa aku atau kamu, tapi terlebih sering aku yang salah. Imanku compang-camping, imanku berantakan, imanku tak terawat, imanku terbengkalai. Jadi kawan, seharusnya dirikulah yang meminta maaf kepadamu, bukan sebaliknya. Aku minta maaf atas ketidaknyamanan yang kubuat. Akulah, manusia dengan iman yang compang-camping.

7 komentar:

  1. you're great too...hehehe...
    Akhy2, anta super sekali.

    BalasHapus
  2. numpang nyampah bib: exsania.blogspot.com atau exsania.co.cc blog motivasi nih.

    BalasHapus
  3. jakumullah udah mampir ya...semoga manfaat.
    buat akh ihsan, semat kuliah lagi, berbagi ilmu, hehehe...
    buat akh nuzul, you are great too...salam ukhuwah akah, ana rindu sama anta...

    BalasHapus
  4. http://cerpencinta1.wordpress.com

    BalasHapus