Halaman

Selasa, 08 Maret 2011

Muhasabah Diri...

Bismillah...

Ya Allah, Dzat yang Maha Menguasai segalanya. Engkau tahu bahwa setiap hati adalah lemah. Engkau tahu bahwa setiap hati kuat. Engkau tahu bahwa setiap manusia memiliki dua kecenderungan itu. Engkaulah penguasa hati yang kuat dan yang lemah. Engkaulah pengatur keduanya. Engkaulah pelindung keduanya. Dan hanya Engkaulah, Ya Khaliq, Ya Salam, Ya Aziz, Ya Latif, Dzat pemilik Asmaul Husna, nama-nama terindah.

Mengenali setiap lekuk diri ini merupakan sebuah keniscayaan, tapi kenapa hati ini tak begitu mengenali-Mu? Padahal nurani selalu berkata bahwa Engkaulah pemilik setiap hati. Terlalu sering hati ini memunafikkan akal pikiran, ingkar terhadap bisikan nurani, menafikan kelemahan, dan menyombongkan kekurangan. Apa tak sadar akan Penciptanya? Naudzubillah...

Sulit memang dilema hati ini. Sering kali menyesatkan daripada mencerahkan. Namun, hanya hati orang-orang pasrah, ikhlas, tawakal yang senantiasa mencerahkan, yang senantiasa menyejukkan, bukan menyesakkan. Bisakah kita menjadi seperti itu? Pertanyaan klasik yang berjawaban sama, BISA. Pertanyaan tak kunjung puas diutarakan.

Ya Latif, Ya Mahalembut, Engkau yang mampu melembutkan hati ini agar mampu mengikhlaskan, memasrahkan setiap gundah hati yang selalu membayangi hati setiap makhluk. Hati yang senantiasa tersentuh dan memicu menetesnya air mata sebagai tanda kepasrahan pada-Mu. Hati yang senantiasa cenderung pada-Mu. Hati yang merindukan kalam-Mu yang indah. Hati yang rindu getaran saat nama-Mu terlantun. Yaitu hati tempat iman bersemayam.

Ya Mulk, Yang Maha Merajai setiap ciptaan-Nya, jadilah raja dari hati kami, dari setiap koponen diri ini agar senantiasa terarah. Bimbinglah, hanya Engkau yang bisa membimbing kami. Bimbing menuju ridho-Mu.

Satu permintaan sebelum nafas ini berakhir. Ambillah hamba dalam khusnul khotimah. Amin...

*sebuah perenungan dalam gelapnya ruang di tengah malam dengan sendu-sendu lantunan irama alam. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam. Salam... Narojil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar